Sabtu, 04 Maret 2017

Membuat Query SELECT(Tampil) Data di VB.NET

Membuat Query SELECT(Tampil) Data

membuat query seklect

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat query SELECT(Tampil) di VB.NET. Disini saya menggunakan Visual Studio 2015 Comunity, apa itu SELECT ? yitu Query untuk menampilkan sebuah data dari database ke sebuah program biasanya di DataGridView. Langsung saja simak tutorialnya 👍
1. Kita buat Form seperti gambar dibawah ini :


membuat query seklect

2. Kemudian kita buka Public Class tampildata dengan cara di Menu Solution Explorer yang ada di kanan Form, klik tanda seperti gambar dibawah :



membuat query seklect

Lalu buat Sub tampildata, yaitu untuk memasukkan Query SELECT yang digunakan untuk menampilkan data di DataGridView. Dibawah ini adalah Scriptnya :


membuat query seklect

3. Selanjutnya, agar data bisa tampil di Form kita klik 2x Formnya maka akan muncul Private Sub Form_Load, lalu masukkan sub tampildata tadi. Seperti gambar dibawah ini :


membuat query seklect

4. Kita tinggal jalankan aplikasinya dengan tekan F5, dan lihat hasilnya


membuat query seklect

Note : SelQuery yang ada di Sub tampildata adalah Function unuk memanggil Query SELECT yang sudah saya buat di module koneksi, yang telah saya bahas di Post sebelumnya yaitu Koneksi ke SQL Server di VB.NET.


Jika masih bingung, lihat video tutorial dibawah ini :




Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi kalian 👍
Load disqus comments

0 komentar