Rabu, 01 Maret 2017

Koneksi ke SQL Server di VB.NET

Koneksi ke SQL Server di VB.NET

koneksi ke sql server

Kali ini saya akan membahas, cara Mengkoneksikan VB.NET ke SQL Server, saya menggunakan Visual Studio 2015. Yang dimaksud dari mengkoneksikan yaitu Menghubungkan VB.NET ke SQL Server untuk mendapatkan hak akses ke Server databasenya. Langsung saja simak tutorialnya 👍


1. Kita buat dulu module, yaitu dengan cara Project ➞ Add Module ➞ Beri nama ➞ Add.

buat module koneksi
buat module koneksi

2. Lalu klik 2x module koneksi yang ada di Solution Explorer 

buat module koneksi

Lalu tuliskan script koneksi seperti gambar dibawah :

script module koneksi


Note : Jika SqlConnection dan SqlCommand tidak terdeteksi oleh VB.NET kita harus mengimpornya dulu, dengan cara tulis Imports System.Data.SqlClient di atas script Module koneksi.

Dan untuk mengisi SqlConnection kita harus mengambil Script untuk mengkoneksikan ke SQL Server, yaitu dengan cara Tools ➞ Connect to Database ➞ Kita pilih Server namenya ➞ Kita pilih databasenya ➞ Klik Advanced ➞ Copy script yang ada di Data Source ➞ Paste kan ke Dim conn As New SqlConnection("Pastedisini")

script module koneksi

script module koneksi

3. Itu semua hanya untuk mengkoneksikan saja tidak bisa unuk CRUD (Creat, Read, Update, Delete). Untuk bisa CRUD kita buat Sub Query untuk Mengeksekusi yaitu tulis script ini di Module Koneksi :

script module koneksi

Lalu untuk Select atau Menampilkan data kita tuliskan script ini : 

script module koneksi

Sub ExcQuery dan Function SelQuery yang nantinya akan dipanggil di setiap kita akan membuat sebuah CRUD. Nah, begitulah cara untuk megkoneksikan VB.NET ke SQL Server.

Jika masih bingung kalian bisa lihat video tutorialnya dibawah ini :



Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi kalian 👍
Load disqus comments

0 komentar